Wednesday, March 31, 2010

SEJARAH ANDROID

Setelah beberapa kali membahas tentang Android baik Ponsel maupun aplikasinya tidak ada salahnya kalau kita semua mengetahui apa sih ANDROID itu ? Operating System yang bagaimanakan ANDROID itu ? Berikut ulasan semua tentang ANDROID :

Android adalah Operating System (OS), untuk perangkat mobile (pada Smartphone dan Netbook). OS ini sebenarnya menggunakan Kernel Linux (open source) dan kemudian dikembangkan oleh Google diteruskan oleh Open Handset Alliance. Android diluncurkan pada tanggal 5 Nopember 2007 dengan didukung oleh konsorsium 48 perusahaan hardware, software dan telekomunikasi yang tergabung dalam Open Handset Alliance (OHA). Tujuannya membentuk sebuah standar OS GRATIS dalam dunia perangkat mobile.

Awalnya Google melakukan akuisisi terhadap sebuah perusahaan kecil bernama Android, Inc. yang bermarkas di Palo Alto, California. KArena Android, Inc. ini adalah perusahaan yang memproduksi Operating System untuk device Mobile. Secara tidak langsung ini dianggap oleh khalayak ramai bahwa Google ingin masuk kepersaingan dunia Smartphone seperti yang dilakukan Blacberry dan Windows (Microsoft). Smapai ada seluruh media dunia mengangkat isu Google Phone dan ketika itu google membuat 30 Prototype Smartphone siap uji coba.

PAda akhirnya Google membuka lisensi OS Android secara penuh dengan lisensi Apache (pihak yang ingin mengembangkan ANDROID dapat melakukan tambahan secara bebas)dan karena itulah Android menjadi OS open source yang bebas dikembangkan pada smartphone dan netbook (lisensi untuk telephony dan network). Keputusan ini juga didukung oleh konsorsium OPen Handset Alliance (OHA).

Segitu dulu ceritanya, kapan-kapan dilanjut dipostingan berikutnya OKE ..

No comments:

Post a Comment