Wednesday, September 16, 2009

MENDESAIN KARTU UCAPAN DAN MMS LEBARAN

Berkirim kartu Lebaran sudah banyak ditinggalkan. Padahal sebelum ada ponsel, petugas Kantor Pos pasti kerepotan setiap tahunnya. Apa boleh buat, kartu Lebaran yang biasa dikirim via pos kini digantikan dengan media yang lebih canggih dan simpel.
Hadirnya SMS, MMS dan kartu digital menjadi tren baru dalam berkirim ucapan. Sekarang yang direpotkan adalah operator seluler.
Bagaimana tidak, menjelang lebaran nanti, pengiriman Ucapan SMS akan meningkat tajam dibanding hari biasanya.Anda mungkin termasuk diantara jutaan orang pengirim SMS lebaran kan? Nan terkait dengan momen Lebaran yang sebentar lagi tiba, kami menyiapkan beberapa cara berkirim ucapan Lebaran yang lebih atraktif lewat ponsel dengan MMS maupun kartu digital.

Membuat Kartu Ucapan di Ponsel
Berbekal aplikasi 'Cards', Anda tak perlu lagi bersusah payah mendisain kartu ucapan yang ingin dikirim. Cards telah menyediakan beberapa disain kartu ucapan yang bisa dipilih. Bahkan Anda dimungkinkan untuk menghiasi box ucapan dengan bingkai (frames) unik.
Asyiknya lagi, aplikasi bikinan ASGATech ini tak sebatas menyediakan disain untuk kartu ucapan Idul Fitri saja melainkan untuk Ramadhan, tahun baru Hijriyah, IdulAdha, maulid Nabi, hari Ibu dan lainnya. Selain itu koleksi kontennya bisa diupdate. Jadi bakal makin banyak pilihan.

Ingin mencobanya, ikuti langkah berikut:
Langkah 1
Buka halaman http://mea.nokia.cbm/english/campaigns/ramadan/ campaign. Pada menu Get Started (step 1) pilih model ponsel Nokia Anda, dan klik download. Bila sudah instal di ponsel.

Langkah 2
Jalankan aplikasi Cards.

Langkah 3
Untuk membuat pilih Create a card » pilih Occasion (misal Idul Fitri) » pilih disain kartu.
Tambahkan frame bila perlu. Pilih Options » add frame.
Tambah teks, klik options » add comment» pilih warna teks.

Langkah 4
Bila sudah siap klik Option » Send. Akan muncul notifikasi penyimpanan image di ponsel, simpanlah. Lalu, kartu ucapan tadi bakal diproses dalam bentuk pesan MMS. Kirimkan ke nomor yang Anda tentukan. Bila perlu tambahkan teks, gambar atau klip suara guna memperkaya pesan ucapan. Selesai.
Aplikasi Cards ini juga mendukung pesan gambar sederhana, yang notabene kompatibel dengan ponsel lawas Nokia. Langkah kerjanya hampir sama, cuma di awal masuklah ke menu Picture message.
Koleksi disain, cards, frame pun bisa ditambah lewat proses update. Masuk ke menu Update contents » pilih konten yang akan didownload » beri tanda centang, lalu unduh. Sebelumnya pastikan setingan GPRS ponsel sudah benar.

Tinggal Kirim
Selain membuat sendiri, Anda bisa memanfaatkan layanan pengiriman kartu ucapan via email. Layanan ini pun diberikan secara gratis. Contohnya adalah 123greetings.com
Anda tinggal pilih kartu yang sesuai dengan tema, misalnya Eid (Idul Fitri). Setelah memilih disain kartu, Anda juga bisa membubuhi pesan pribadi. Setelah selesai, masukkan alamat email tujuan.
Mudah kan! (dikutip dari majalah Pulsa)

No comments:

Post a Comment