Sunday, October 4, 2009

Solusi Menyelesaikan Rubik Dengan Rumus (Bagian 1)

Gambar Rubik

Pasti teman-teman pernah memainkan permainan ini. Setidaknya penah lah melihatnya. Cuma mungkin kurang tahu aja namanya apa, seperti halnya diriku. Aku baru tahu namanya rubik baru-baru ini. Sebelumnya mungkin lebih sering menyebutnya kotak puzzle atau kotak mekanik 6 warna. Taukah teman-teman bahwa ternyata ada semacam rumus gitu untuk penyelesainnya.

Rubik adalah sebuah kotak kubus 6 sisi yang memiliki 6 warna berbeda. Dan tiap sisi terdapat 3x3 cell. Lebih tepat menyebutnya adalah rubik 3x3 dan dalam bahasa inggris adalah rubic cube, karena ada juga rubik yang 2x2, 4x4, dst.

Oke lanjut. Untuk menyelesaikannya tidak mudah, bagi yang belum tahu ada suatu rumus tertentu. Bisa berjam-jam, berhari-hari, bahkan berminggu-minggu, itupun masih belum ketemu. Untuk yang sudah tahu biasanya cuma sekitar 2 menit untuk menyelesaikannya atau bahkan kurang. Rekor dunia saat ini kalau gak salah cuma 11 detik untuk menyelesaikannya.

Kalau aku sendiri masih baru sekitar 10 menit. ^^. Namanya juga baru sekitar satu minggu. Aku mengenalnya waktu di kapal pulang dari pangkalanbun ke semarang. Di kapal, si Fandi memainkan rubiknya. Lalu rubik itu kupinjam sekaligus berguru sama dia. Dan akhirnya besoknya aku berhasil menyelesaikan.

Berikut akan aku jabarkan rumus-rumus yang kudapat untuk menyelesaikannya. Ohya, perlu diketahui bahwa cara yang kupakai ini cuma satu dari berbagai cara untuk menyelesaikannya. Jadi mungkin ada cara yang lebih cepat lagi. There is just sharing, okay.

Bersambung ke Solusi Menyelesaikan Rubik Dengan Rumus (Bagian 2)

No comments:

Post a Comment