Monday, October 5, 2009

Solusi Menyelesaikan Rubik Dengan Rumus (Bagian 2)

Menyelesaikan Rubik

Sambungan dari Solusi Menyelesaikan Rubik Dengan Rumus (Bagian 1)

Sebelumnya perlu saya jelaskan dulu mengenai istilah yang nanti saya gunakan. Misalkan di depan kita ada rubik dimana salah satu sisi tepat di depan muka kita. Sisi itu disebut Front sedang sisi yang belakang disebut Back. Atas=Up, Bawah=Down, Kanan=Right, Kiri=Left. Berikut singkatnya:
F=Front
B=Back
U=Up
D=Down
R=Right
L=Left
Untuk F,B,U,D,R,L berarti memutarnya searah jarum jam. Kalau Fi,Bi,Ui,Di,Ri,Li adalah berlawanan arah jarum jam. Huruf "i" dari kata inverter. Jadi misalnya saja Li=Left inverter, berarti memutar sisi kiri dengan arah berlawanan jarum jam.

Oke langsung praktek!

Untuk langkah pertama adalah menyelesaikan salah satu sisi rubik. Misalkan ingin menyusun suatu sisi yang selnya biru semua. Mulai dari sel pojok kiri atas. Lalu sel kiri tengah, dst. Kalau aku urutannya sbb:
















147
258
369

Maaf yach gambarnya jelek. Aturannya begini; Misalkan sel yang merupakan pojok kanan atas (yang bernomor 1) adalah sel yang memiliki warna biru, merah, dan kuning. Kita anggap birunya berada di atas (Up) maka merah di kiri (Left) dan kuning di belakang (Back). Selanjutnya kerjakan sel nomor 2, taruh dengan sel yang mempunyai warna biru dan merah. Ingat harus biru dan merah! Dimana biru di Up dan merah di Left. Begitupula sel nomor 3, harus yang mengandung biru dan merah, dan merahnya di Left. Perhatikan bahwa ketiga sel di baris pertama Left berwarna merah. Pada sel nomor 4 cari sel yang memiliki warna biru dan kuning begitu pula dengan sel nomor 7, sehingga ketiga sel di baris pertama Back berwarna kuning. Dan seterusnya ikuti urutan nomor. Intinya ketika menyamakan semua warna di sisi atas maka ketiga sel pada baris pertama (nomor 1, 4 dan 7 sisi lain) sisi lainnya (kiri, belakang, depan, kanan). Dan pada waktu mengerjakannya di utak-atik lah sedemikian rupa agar tepat diletaknya. Banyak-banyak latihan deh dalam menyelesaikan satu sisi ini.

Ohya, hampir terlupa, untuk menyelesaikan sel terakhir yaitu sel nomor 9 kan agak sulit, itu enaknya pakai rumus bro! Sisi yang hendak kita samakan semua warnannya kan di Up, sehingga jika dilihat dari Front sel nomor 9 terletak di pojok kanan atas. Oke posisi seperti itu jangan goyang-goyang yach. Ikuti rumus berikut; Ri, D, R, Di, diulang-ulang sampai warna biru pada sel nomor 9 berada di Up. Satu sisi pun telah berhasil.

Seteleh itu sisi Up diputar-putar aja sampai sel tengah-tengah pada sisi R, F, L, B, warnanya serupa dengan ketiga sel diatasnya (baris pertama sisi).

Sampai disini ada yang kurang jelas..?? Sori ya aku sambung nanti lagi. Aku mau pulang ke kos dulu. Capek seharian di kampus, laper, mo makan dulu. Tunggu ya sambungan tutorial ini selanjutnya.

Bersambung ke Solusi Menyelesaikan Rubik Dengan Rumus (Bagian 3)


No comments:

Post a Comment