Saturday, December 18, 2010

ANDROID

Sistem Operasional Yang Mendunia.

Android merupakan sistem operasi untuk telepon seluler yang berbasis Linux, dimana didalamnya tersedia platform terbuka bagi para pengembang untuk menciptakan aplikasi mereka sendiri. Awalnya, Google Inc. membeli Android Inc. (tahun 2005), pendatang baru yang membuat peranti lunak untuk ponsel. Kemudian untuk mengembangkan Android, dibentuklah Open Handset Alliance, konsorsium dari 34 perusahaan peranti keras, peranti lunak, dan telekomunikasi, termasuk Google, HTC, Intel, Motorola, Qualcomm, T-Mobile, dan Nvidia, Ada dua jenis distributor sistem operasi Android.

Pertama, yang mendapat dukungan penuh dari Google atau Google Mail Services (GMS). Kedua adalah yang benar-benar bebas distribusinya tanpa dukungan langsung Google atau dikenal sebagai Open Handset Distribution (OHD).

Awalnya, pada Juli 2000 silam Google bekerjasama dengan Android Inc. dengan para pendiri Android Inc. sendiri bekerja pada Google, di antaranya Andy Rubin, Rich Miner, Nick Sears, dan Chris White. Saat itu banyak yang menganggap fungsi Android Inc. hanyalah sebagai perangkat lunak pada telepon seluler. Sejak saat itulah muncul rumor bahwa Google hendak memasuki pasar telepon seluler. Dalam perusahaan Google, tim yang dipimpin Rubin bertugas mengembangkan program perangkat seluler yang didukung oleh kernel Linux. Andy Rubin adalah pendiri dan mantan CEO dari perusahaan Danger dan Android Inc (tahun 2000). Saat ini dia menjabat sebagai VP Teknik di Google, di mana ia mengawasi pengembangan Android, sebuah operasi open source sistem untuk smartphone.

Kelemahan dari Android yaitu banyak aplikasi yang tidak kompatibel antara satu sistem dengan sistem lain, dikarenakan siapa saja dapat membuatnya.

Android yang sudah diperkenalkan adalah Android versi 1.1 (platform masih minim), Android versi 1.5, 1.4, 2.0 dan sekarang yang sudah mulai ada di masyarakat adalah Android versi 2.2 yang biasa disebut Froyo yang memiliki kinerja lebih ringan daripada versi sebelumnya. Dan yang baru dirilis bulan oktober 2010 adalah versi 3.0 yang memiliki panggilan Gingerbread.

No comments:

Post a Comment