Monday, December 27, 2010

ISTILAH KONEKTIVITAS DI HP

Sinkronisasi.
Merupakan proses menyetarakan konten yang ada di hp dengan perangkat lain (bisa PC atauinternet). Prosesnya memerlukan media perantara, seperti kabel data atau bluetooth, dibutuhkan juga sebuah perangkat lunak semisal PC Suite. Beberapa hope keluaran terbaru dapat melakukan sinkronisasi secara langsung dengan server di internet.
Server yang dimaksud biasanya layanan khusus dari principal pembuat perangkat lunak (OS). Misalnya layanan Google untuk Ponsel Android, Ovi untuk Nokia, atau My Phone untuk Ponsel ber-OS Windows Mobile.

Port.
Lubang yang memiliki fungsi tertentu. Contohnya port audio, port charger, port USB, atau port HDMI.

Kabel data.
Kabel untuk menghubungkan hope dengan PC. Dengan kabel data Anda dapat melakukan transfer file, sinkronisasi, atau instalasi aplikasi mobile dari PC. Saat ini kabel data umumnya memakai interface USB. Yang perlu diperhatikan adalah jenis port USB yang dipakai, semisal miniUSB atau microUSB atau ada juga vendor hope yang egois dengan model lubang khusus ciptaannya.

USB (Universal Serial Bus.)
Standar koneksi kabel paling populer saat ini. USB dapat mentransmisikan data secara dua arah (bolak balik). Dikenal dua dua versi USB, yakni versi 1.1 dan versi 2.0. Perbedaannya terletak pada kecepatan transfer. Versi 1.1 hanya mampu menyediakan kecepatan sampai 1.5 Mbps, adapun versi 2.0 dapat menghantarkan data 40 kali lebih cepat. Belakangan muncul USB 3.0, namun belum diimplementasikan di perangkat hope.
Audio Jack.
Sebuah konektor universal untuk mencolokkan headphone. Audio Jack mendukung output suara stereo, maupun mikrofon untuk melakukan panggilan. Ukuran Audio Jack biscmya 2.5 mm atau 3.5 mm. Jika boleh memilih, pilihlah hape yang memiliki Audio Jackn berukuran 3.5 mm karena banyak merek headphone menyediakannya.

IrDA (InfraRed Data Association.)
Standar konektivitas yang sudah mulai ditinggalkan, karena daya jangkaunya yang sempit serta implementasinya yang tidak fleksibel. IrDa memanfaatkan sinyal infra merah sebagai perantara.

Bluetooth.
Teknologi koneksi nirkabel yang dapat menghubungkan beberapa perangkat ke jaringan pribadi. Kemampuannya sudah jauh lebih baik ketimbang IrDA,namun masih terbatas pada jarak 10 meter. Selain untuk mentransmisikan data, Bluetooth dimanfaatkan juga untuk menyalurkan audio (melalui A2DP).

A2DP (Advanced Audio Distribution Profile).
Adalah teknologi nirkabel untuk menghantarkan audio berkualitas tinggi melalui bluetooth. A2DP telah diimplementasikan pada berbagai perangkat gadget, tak terkecuali hape. Hape-hape mulai kelas menengah umumnya sudah dilengkapi profil ini.

WiFi (Wire/ess Fidelity).
Dikenal juga dengan sebutan WLAN. Yaitu peranti nirkabel yang menyediakan kecepatan tinggi serta jangkauan cukup luas. WiFi terbagi menjadi beberapa standar, yang populer misalnya standar 802.1 1 b (menyediakan kecepatan hingga 1 1 Mbps), 802.1 Ig (54 Mbps), dan yang paling anyar 802.1 In (1 00 Mbps). Di dalam ruangan jaringan WiFi dapat bekerja sampai radius 100 meter, sementara untuk di luar ruangan bisa menjangkau sampai 600 meter.

Hot-Spot.
Sebuah area yang menyediakan layanan internet melalui jaringan WiFi. Saat ini banyak titik hot-spot disediakan sebagai fasilitas publik, seperti di kafe-kafe dan sekolah.

HDMI (High Definition Multimedia Interface).
HDMI merupakan konektor yang memiliki kapasitas lebar. Melalui HDMI, misalnya Anda dapat mentransmisikan video berkualitas tinggi dari hape ke layar tv secara lancar. Port HDMI biasanya jenis 1 9 pin, namun beberapa hape sudah mengadopsi model miniUSB dan microUSB.

PictBridge.
Dengan teknologi ini Anda dapat mencetak foto yang ada di hape secara langsung ke printer, tanpa perlu komputer.
DLNA (Digital Living Network Alliance),
Merupakan aliansi pembuat standar teknologi untuk berbagi konten antar perangkat, seperti foto, musik, atau pun video. Singkatnya, dengan DLNA Anda dapat membuat sebuah rumah digital dimana semua tersambung secara wireless. Misalnya, Anda dapat menonton film yang diputar DVD player
dari hape atau sebaliknya.

UPnP (Universal Plug and Play).
Merupakan pengembangan dari PnP (plug and play). Jika PnP hanya mendukung lingkungan internal PC, UPnP memiliki daya jangkau lebih luas serta media perantara lebih beragam, seperti WiFi.

RDS (Radio Data System).
Fasilitas ini dipakai dalam fitur radio FM. Untuk mengidentifikasi informasi sebuah stasiun radio.

PC Suite.
Perangkat lunak untuk menyambungkan hape dengan PC. Dengan aplikasi ini Anda dapat mentransfer beragam konten dari dan ke hape, seperti gambar, musik, hingga video. PC Suite
biasanya menyediakan juga fasilitas untuk mengakses SMS, sinkronisasi ke Outlook, dan fungsi modem.

PC Sync.
Fasilitas untuk melakukan sinkronisasi data antara hope dengan PC, atau sekarang ini bisa melakukannya dengan sebuah server di internet. PC Sync biasanya dapat dilakukan melalui kabel data atau bluetooth.

Driver.
Perangkat lunak yang berfungsi mengenalkan suatu perangkat dengan perangkat lain. Bisa dijelaskan, ketika Anda menyambungkan hope ke PC, maka PC tersebut harus tahu identitas hope. Disinilah peran driver, yakni sebagai jembatan antara hape dengan PC.

APN (Access Point Name).
Jalur akses untuk sambungan data internet pada jaringan GPRS, EDGE atau UMTS. Setiap operator seluler dipastikan memiliki APN sendiri, untuk dipakai pelanggannya berkomunikasi ke dunia maya.

PIT (Push To Talk).
Teknologi komunikasi yang masih bersifat half-duflex (searah). Cara kerja fitur ini mirip dengan walkie-talkie. Sistem PIT umumnya dapat melakukan panggilan grup (group call), ada juga yang sudah mendukung VolP sehingga dapat melakukan panggilan jarak jauh.

No comments:

Post a Comment