Monday, December 20, 2010

Istilah Umum Di Semua Hp / Ponsel

Kali ini Hp-trend ingin memberi tambahan pada teman-teman semua tentang software aplikasi yang biasa dipakai oleh Hp / ponsel pada umumnya. Bisa disebut juga istilah. Berikut yang harus kamu kenal dan mengerti :

Equalizer. Digunakan untuk memperbaiki kualitas suara yang dikeluarkan oleh pemutar audio sehingga menghasilkan kualitas suara yang diinginkan. Pengaturan equalizer pada hp biasanya tersedia sesuai genre musik: Rock, Bass, Pop, Treble, dan lain-lain. Namun pada hope musik saat ini, umumnya pengaturan kualitas lagu sudah disesuaikan dengan keinginan pendengar musik.

Bass Booster. Salah satu istilah di equalizer dan merupakan pengaturan kualitas audio agar nada bass terdengar lebih mantap, dan lebih kuat dari pada nada treble. Ini dipakai pengguna yang menginginkan suara bass yang lebih terasa mantap di earphone atau headset.

Stereo Widening. Pengaturan untuk pemutar lagu agar kualitas suara stereo lebih lebar dan jernih. Suara yang dikeluarkan menjadi lebih jelas dan seperti memiliki ruang.

3D audio. Efek suara yang ditujukan untuk menghasilkan kualitas audio stereo lebih berkualitas atau seperti berada di studio bioskop. Dengan kata lain, suaranya seperti terdengar di sekeliling kita.

Loudness. Pengaturan yang digunakan di hope agar suara stereo yang dikeluarkan menjadi lebih keras dan kuat. Fitur ini dapat digunakan agar suara musik yang dikeluarkan lebih kuat, akan tetapi tidak sember atau pecah suaranya.

Shuffle. Pengaturan di hp yang membuat koleksi lagu dapat diputar secara random atau acak. Artinya, lagu yang diputar tidak berdasarkan urutan judul atau penyanyi.

Playlist. Merupakan daftar lagu yang ingin diputar. Anda dapat membuat dan mengaturnya sesuai keinginan. Umumnya berisi lagu favorit pengguna. Playlist tersebut juga dapat diganti namanya berdasarkan lagu mellow, lagu untuk perjalanan, lagu buat dugem, lagu pengantar tidur, dan lain sebagainya.

DRM (Digital Rights Management). Suatu teknologi pengamanan untuk mencegah penggandaan lagu yang telah diunduh secara ilegal.

MP3 (MPEG-1 Layer 3). Sebuah format kompresi penyimpanan lagu dengan kualitas suara yang hanya mengalami penurunan kualitas yang sangat sedikit. MP3 menjadi format MPEG yang paling umum untuk file audio. File ini dapat diputar menggunakan hope atau dipakai sebagai nada dering.

Music Library. Daftar semua koleksi lagu yang ada di hope, berdasarkan nama artis dan albumnya. Pada detail Music Library, terdapat jumlah semua lagu yang ada, durasi lagu, dan total berapa besar memori yang digunakan untuk menyimpan lagu-lagu tersebut.

FM Transmitter. Fitur ini memungkinkan hope untuk memancarkan lagu yang sedang diputar lewat frekuensi FM, sehingga dapat diputar ke radio FM terdekat seperti di mobil. Sebenarnya, fitur ini tidak umum dimiliki hope, namun beberapa hope kelas atas kini sudah memilikinya. Karena fltur ini hanya mengirimkan daya yang rendah, maka kualitasnya mudah terganggu stasiun radio lain, terutama saat berada di lingkungan padat dimana sebagian besar frekuensi FM-nya sudah dimiliki oleh radio resmi.

Auto Scan. Fitur yang digunakan untuk mencari frekuensi radio di udara. Cukup memilih fitur ini dan semua frekuensi radio yang tertangkap akan tersimpan dalam daftar yang tersedia.

MIDI (Music Instrument Digital Interface). Satu set perangkat yang memungkinkan komputer, synthesizer, MIDI controller, sound card, samplers dan mesin drum, bisa saling mengontrol satu sama lain dan melakukan pertukaran data sistem. Sebuah file MIDI akan menyimpan informasi yang menggambarkan instrumen, catatan, dan waktu musik. Umumnya digunakan sebagai nada dering hope, sebelum dukungan untuk standar MP3/ AAC diadopsi secara luas.

DNSe (Digital Natural Sound Engine). Perkembangan teknologi DSP audio yang dikembangkan oleh Samsung dan banyak dibenamkan di perangkat audio Samsung, termasuk hope. Tujuannya untuk mengatasi keterbatasan earphone dan speaker, agar tetap dapat memberikan kualitas stereo yang realistis dan suara bass yang mantap.

RDS ( Radio Data System). Teknologi untuk mengirim sejumlah kecil data lewat siaran radio FM konvensional. Sistem RDS standar memiliki beberapa jenis informasi yang dikirim, seperti lagu, info artis dan nama stasiun radio.

Music Playback Time / Waktu Putar Musik. Daya tahan sebuah baterai sebuah perangkat digital, yaitu berupa waktu maksimal yang bisa digunakan, hqnya untuk memutar musik saja. Angka yang diperoleh biasanya didapat saat semua pemancar dan
penerima, dalam kondisi tidak aktif. Hasil waktu dapat berfungsi sebagai referensi untuk membandingkan hope dari produsen yang sama, karena motodologi pengukuran baterai kemungkinan bervariasi dari satu produsen dengan yang lain.

AAC ( Advanced Audio Coding). Merupakan format file untuk menyimpan audio digital di internet, PC, pemutar musik portable dan hope. Mirip
dengan MP3, namun dirancang sebagai penggantinya dengan tawaran kualitas lebih baik dengan file berukuran lebih kecil. Format ini juga mendukung fungsi RDM yang memberlakukan hak cipta lagu/musik. Versi terbarunya adalah AAC+ dan AAC++.

Radio FM. Fitur dasar pada hope berupa built in tuner radio FM. Kehadirannya di sebuah hope, memungkinkan kita mendengarkan sebagian besar siaran radio FM. Sebagian besar hope membutuhkan kabel headset, yang difungsikan sebagai antenanya. Kini, banyak tuner radio FM dapat menerima informasi stasiun radio dasar RDS. Penggunaan radio FM ini gratis dan tidak ada hubungannya dengan jaringan operator.

No comments:

Post a Comment