Friday, December 17, 2010

Contoh Studi Kasus Basis Data / Database Pada Sebuah Apotik (Praktikumku)

Klik di gambar

Pada praktikum pertama arsyil untuk mata kuliah Basis Data, yaitu membuat diagram Entity Relationship (E-R) terhadap sebuah kasus database sebuah apotek. Setelah dibuat diagram E-R, kemudian diimplementasikan pada sebuah software untuk basis data, yaitu menggunakan microsoft access. Berikut kasus basis data pada sebuah apotik "OBATKU".

Sebuah apotik di Jalan Pemuda 83 Semarang – “OBATKU” akan mengimplementasikan aplikasi basis data pada apotiknya. Sebagai apotik yang melayani langsung pelanggan obat, OBATKU melakukan pencatatan terhadap beberapa hal, yaitu :
1. Data Karyawan
2. Data Obat
3. Data Supplier

Setiap pelanggan dapat membeli lebih dari satu jenis obat. Didalam satu transaksi penjualan, seorang pelanggan hanya dilayani oleh seorang karyawan dan seorang karyawan setiap harinya dapat melayani lebih dari satu orang pelanggan dalam beberapa transaksi penjualan.

Data karyawan secara lengkap seperti ditunjukkan dalam kartu tanda pengenal karyawan yaitu terdiri ID karyawan, nama, alamat, kota, status, no tlp.

Data obat secara lengkap seperti ditunjukkan dalam kartu identifikasi obat yaitu terdiri ID obat, nama, jenis, harga, stock, ID supplier.

Sedangkan data supplier deperti ditunjukkan dalam kartu supplier yaitu terdiri ID suplier, nama, alamat, kota, no tlp.

Faktur penjualan yang dipergunakan dalam proses penjualan obat berisi No, tanggal, ID pelanggan, ID karyawan, ID obat, jumlah, total, pajak, total bayar.

Faktur penyuplaian obat yang dipergunakan dalam proses pembelian obat dari supplier obat berisi No, tanggal, ID karyawan, ID supplier, ID obat, jumlah obat, total, pajak, total bayar.

Di dalam operasionalnya, pemilik OBATKU menginginkan adanya laporan penjualan untuk tiap periode waktu tertentu (misal harian, mingguan atau bulanan).

Langkah PEMBAHASAN silakan lihat ke posting selanjutnya: Contoh Diagram E-R Basis Data Apotek (Praktikum 1)
Atau silakan membaca dulu DASAR TEORI tentang diagaram E-R di posting ini: Langkah Pembuatan dan Perancangan Konseptual E – R Diagram

Oleh: Arsyil Hendra Saputra
Sebagai seorang Statistikawan, tidak menutup diri untuk membantu sesama dalammemecahkan permasalahan statistika. Bagi kamu yang pengin bertanya alias membahas sebuah persoalan statistik dengan saya, monggo, silakan tanyakan saja, dapat lewat blog ini atau facebook atau YM. Terima kasih.

1 comment:

  1. Jenis database apa yang di pakai dan jelaskan alasannya mengapa memakai jenis database tersebut

    ReplyDelete