Monday, August 31, 2009

BIKIN EBOOK BUAT PONSEL JAVA

Ponsel yang sudah menjadi bagian dari kehidupan sehari – hari dapat dijadikan media untuk meningkatkan amal ibadah. Amal ibadah tersebut apat dilakukan dalam segala hal, termasuk menyediakan bacaan yang bermanfaat.

Sebelumnya, kita sudah membahas bagaimana memanfaatkan tulisan orang lain untuk dinikmati langsung di ponsel. Cara yang sederhana, mudah, dan semua orang pun bisa melakukannya. Namun tidak semua bacaan akan memuaskan dan sesuai dengan kebutuhan.
Nah, Anda pun bisa membuat bacaan sendiri yang kemudian bisa dibawa kemana-mana, atau dinikmati orang lain. Anda hanya butuh sebuah aplikasi pembuat ebook bernama MjBookMaker. Syaratnya, Anda butuh perangkat komputer dan sarana koneksi guna mengirimkannya ke ponsel.
Download aplikasi ini secara gratis di http://www.topsoftzone.com/ download/6181 /mj BookMaker.html, lalu instal di komputer Anda. Lalu ikuti langkah pembuatan ebook berikut ini:
1. Jalankan aplikasi
2. Beri nama file ebook yang ingin dibuat. File ebook yang akan kita buat berformat jar. Kita bisa mengeksekusi langsung di ponsel Java.
3. Selanjutnya masukkan file txt yang menjadi sumber bahan. File txt dapat dibuat dengan menggunakan aplikasi Notepad yang terdapat pada microsoft windows. Anda dapat juga melakukan copy paste sumber tulisan dari file doc pada microsoft word untuk dipindahkan ke Notepad.
4. Selanjutnya tentukan resolusi dari ponsel sasaran dengan salah satu ukuran resolusi yang terdapat pada kanan atas aplikasi.
5.Lakukan pengaturan berkaitan dengan ukuran font, warna font, warna latar belakang yang dipilih. Anda dapat juga mengisi password tertentu (dengan 4 angka) bila diinginkan. Selain itu Anda dapat menambahkan gambar splash ketika awal aplikasi terbuka yang berasal dari format png. Anda juga di menambahkan icon yang hendak dibuat ketika aplikasi telah ter pada ponsel.
6. Bila pengaturan telah selesai dibuat, klik tombol 'Start' yang berada di pojok kiri bawah aplikasi. Proses pembuatan file jar akan terlihat pada kolom kosong yang terdapat diatas tombol 'start'.
Untuk melihat hasil pembuatan, klik tombol 'show midlets' yang secara otomatis akan membuka folder dimana hasil file berada. Bila file cukup panjang maka file hasil akan dibuat dalam beberapa file terpisah.
7. Anda dapat melakukan pengaturan tambahan lainnya dengan mengklik kolom 'photo book' dan menambahkan file gambar yang dapat Anda masukkan sebagai penambah indahnya ebook. Dengan sedikit uji coba, sebenarnya Anda dapat membuat aplikasi dengan kombinasi huruf arab dan huruf lainnya tergantung kreatifitas Anda sendiri.
Selanjutnya file hasil ditransfer ke ponsel menggunakan konektifitas yagn tersedia (infrared, bluetooth atau kabel data). Begitu file berhasil ditransfer, maka proses instalasi akan terjadi secara otomatis.
8. Ketika aplikasi telah terinstal, secara default aplikasi tersebut memiliki beberapa fitur bawaan. Untuk berpindah halaman Anda bisa menggunakan tombol joystik keatas/kebawah. Untuk menu Anda dapat memakai softkey kiri/kanan atau fnenekan angka tertentu, seperti menyimpan bookmark dengan menekan angka 5, membuka bookmark dengan menekan angka 6 dan lain sebagainya.

Saat keluar maka aplikasi ini akan menyimpan halaman terakhir yang Anda baca, sehingga saat membuka kembali akan langsung men halaman terakhir yang sebelumnya dibaca.
Sebagai catatan, sebaiknya jangan menggunakan aplikasi ini un membuat ebook yang melanggar hak cipta. Jadi, gunakan untuk membuat ebook dari karya tulisan Anda sendiri. Selamat mencoba!

No comments:

Post a Comment