Tuesday, August 25, 2009

TIPS MEMBELI BLACKBERRY

Setelah membahas Hp-trend browser yang dipakai balckberry nggak ada salahnya kalau bahas tips membelinya. BlackBerry adalah sebuah device yang unik, dan Anda tidak bisa sembarangan memutuskan untuk membelinya. Tapi jangan khawatir, kami akan memberikan solusi praktis untuk Anda.

Seperti yang telah kami sebutkan sebelumnya, BlackBerry ini adalah sebuah device yang unik. Sebuah smartphone yang menggunakan Operating System BlackBerry, tidak akan bisa menjadi smartphone BlackBerry yang perkasa, jika dia mengalami PIN Suspend.
Jika Anda akan membeli BB memang ada beberapa hal penting yang harus Anda ketahui. Apabila Anda menemui penjual yang nakal dan menawarkan BB yang PIN-nya terkunci, wah salah-salah BB Anda sama saja dong dengan ponsel-ponsel lain yang bisanya Cuma SMS dan telpon saja. Jangan sampai tertipu, untuk itu ada beberapa hal penting yang harus Anda cermati sebelum memutuskan untuk membeli.

Mengenal Jenis-jenis BlackBerry Yang Dijual
Biasanya dalam iklan penjualan ponsel, Anda akan menemukan beberapa istilah, misalnya BSB, yang artinya Bekas Seperti Baru, atau istilah Afghan, yang artinya kalau nawar jangan terlampau jauh dari harga yang disebutkan.
Nah, dalam dunia BB, ada beberapa istilah "baru" yang harus Anda pelajari. Istilah tersebut adalah:

BB Resmi
BB tipe ini, 100% baru dan 100% resmi, karena didatangkan oleh pihak operator seluler di Indonesia, yang bekerja sama dengan importir resmi. Kualitas dan layanan purna-jualnya juga dijamin oleh operator dan importir. Tapi yang menjadi kendala adalah, BB tipe ini harganya masih agak mahal. Kecuali, ada tawaran khusus dari operator yang membundling layanan paket BlackBerry mereka dengan smartphone BlackBerry yang kini mereka jual.

BNIB (Brand New in Box)
BB model ini 100% baru, meskipun posisinya sudah keluar dari kotak, tapi masih belum diaktifkan sama sekali. Dikeluarkan dari kotak, karena sang penjual harus memeriksa fisik dan kelengkapan BB tersebut.
BB tipe ini biasanya masuk secara illegal, alias melalui Black Market (BM). Harganya juga standart seperti yang ada di pasaran. Layanan garansi dan purna jual, mutlak ditanggung oleh penjual yang menawarkan BB tersebut. Makanya, untuk membeli BB tipe ini, Anda harus membeli dari pedagang yang dapat dipercaya.

BB 14 Days
BB yang satu ini pasti BB bekas. Menurut versi "pedagang" BB 14 Days adalah BB yang telah digunakan selama 14 hari, dan karena satu atau dua hal BB tersebut dijual kembali oleh si pengguna, jadi usia pemakaiannya masih 2 minggu saja.
Sejatinya, BB 14 Days dalam arti yang Sebenarnya adalah, 14 hari (2 minggu) masa uji coba pembeli BB resmi dari operator. Jika tidak cocok, maka dalam tempo kurang dari 14 hari tersebut, sang pembeli bisa mengembalikan BB tersebut, ke operator tempat dia membeli tadi.
Keadaan BB 14 days juga tidak 100% mulus dan kinclong, tergantung dari pengguna yang menjualnya kembali ke ke toko ponsel bekas. Bila BB tersebut masih garansi, maka sisa garansi resmi tentu masih ada. Tapi jika BB 14 days itu BB non-garansi, tetap saja Anda harus waspada.
Jika Anda beruntung, ada BB 14 days resmi dari operator, yang waktu hidupnya masih pendek, maka biasanya BB bekas dengan kondisi istimewa tersebut harganya tidak terpaut jauh dengan BB yang masih BNIB.

Refurbished
BB refurbished, adalah BB bekas yang dibungkus dengan casing baru, tetapi mesinnya menggunakan mesin lama. Untuk itu, Anda harus ekstra teliti saat membeli, salah-salah Anda membeli BB super mulus, tapi mesinnya hancur atau sudah terkena penyakit PIN suspend.

Nah, setelah Anda mengetahui tipe-tipe BlackBerry yang ada di pasar, maka sekarang saatnya mengetahui langkah-langkah untuk memeriksa BlackBerry yang akan Anda beli.

No comments:

Post a Comment