Tuesday, August 25, 2009

LANGKAH MEMERIKSA BLACKBERRY BEKAS

Untuk BlackBerry tipe resmi dan BNIB, tentu Anda tak usah repot memeriksa status PIN, kemulusan barang, dan registrasi ke server BlackBerry. Sebab semuanya telah dijamin dan dibantu oleh sang penjual. Bagaimana jika Anda akan membeli BlackBerry bekas? Berikut adalah langkah-langkah yang harus Anda ambil, sebelum memutuskan untuk membayar dan membawanya pulang.

Langkah 1: Lakukan Proses WIPE
WIPE BlackBerry adalah melakukan reset ulang secara manual, tujuannya adalah agar data yang ada sebelumnya hilang.Sebelumnya Anda harus memiliki SIM card yang sudah terdaftar dalam layanan BlackBerry dari operator tertentu. Nantinya, SIM card ini akan berguna untuk meng-akses layanan BlackBerry dari smartphone BlackBerry yang akan Anda beli tersebut.
Jika syarat kartu SIM tadi sudah Anda miliki, maka kita akan melanjutkan ke tahapan WIPE, seperti yang ada di bawah ini:


Masukkan SIM Card Anda yang sudah aktif layanan BlackBerry-nya, nyalakan BlackBerry tersebut, tunggu urutan start-up dan yang pasti tulisan GPRS/EDGE/3G-nya harus berubah menjadi huruf BESAR semua. Matikan BB, kemudian nyalakan lagi, ulangi sebanyak 5-9 kali untuk benar benar memastikan bahwa tulisan GPRS/EDGE/3G semuanya secara stabil sudah huruf besar semua.

Jika logo tulisan GPRS/EDGE/3G di sebelah kanan layar smartphone tersebut masih huruf kecil, dan ada tulisan "Data Connection Refused" ponsel tersebut kemungkinan besar PIN mengalami suspend.

Langkah 2:Jika Terjadi Logo GPRS/ EDGE/3G Masih Huruf Kecil
Untuk memastikan benar apa tidaknya perkiraan sebelumnnya, maka Anda harus memeriksa registrasi dan koneksi operator smartphone ini.

Jika register sudah OK tap! masih terdapat dua gejala di atas, maka Apabila dua cara ini masih gagal. Maka positif smartphone BB tersebut telah terkena PIN suspend. Solusinya, jangan Anda beli, karena tidak ada gunanya. Kemungkinan besar BB macam ini adalah BB curian yang dilaporkan hilang dan kemudian PIN-nya di block oleh BlackBerry. Kemudian kemampuan BB ini hanya untuk SMS dan Telponan saja, percuma bukan?

Langkah 3: Periksa PIN Anda Kembar atau Tidak
Istilah PIN kembar ini, biasanya disebut dengan "PIN Nyangkut" untuk memeriksanya, setelah lolos dari tahapan WIPE dan huruf GPRS/EDGE/3G sudah berganti huruf besar, maka masuklah ke icon "Email Settings" jika PIN Anda normal, maka akan muncul permintaan untuk mendaftar email baru.
Jika PIN Anda nyangkut alias kembar, maka tanda yang muncul adalah seperti di bawah ini. Tandanya PIN tersebut "sudah pernah terdaftar" atas nama orang lain dalam list layanan BlackBerry pelanggan operator yang kini sedang Anda pakai.
Jika Anda nekat membeli, beli saja dengan harga murah, dan lakukan PIN release di kantor customer service operator Anda.

Langkah 4: Periksa Akses Internetnya
Selain itu, Anda juga harus memeriksa akses internetnya, jika BB tersebut masih terikat IT policy dari pemilik sebelumnya, maka Anda hanya dapat mengakses website, yang dahulu hanya diperbolehkan oleh si empunya BB. Jadi akses internet Anda menjadi terbatas. Untuk memerikan IT policy caranya adalah,
Masuk menu OPTIONS » SECURITY OPTIONS » FIREWALL. Jika muncul tulisan enabled dengan logo gembok merah di sebelahnya, maka BlackBerry bekas tersebut telah terkena kebijakan internet dari pengguna sebelumnya.

Jika Anda masih ingin membeli BB tersebut, maka solusinya adalah seperti yang telah kami sebutkan sebelumnya atau Anda bisa membelinya dengan murah dan buka IT policy dengan membawa ke operator langganan Anda. Atau Anda bisa saja membukanya sendiri dengan bantuan software apploader, tapi resiko ditanggung sendiri ya...

No comments:

Post a Comment